TIPS BERKENDARA CERDAS





TIPS BERKENDARA CERDAS, versi menceracau.blogspot.com
smart driving experience (motor cycle)

sebenarnya tulisan di blog saya tidak harus berbahasa inggris. indonesia pun boleh.. tapi akhir2 ini saya menantang diri saya sendri untuk menuliskan idenya dalam bahasa lain, termasuk bahasa tubuh, bahasa orang latah, orang gila, bahasa turkmenistan mungkin juga.. Haha.

smart riding experience, saya ambil kata2 itu dari si "NG", motor revo lahiran 2011 saya. :D

berdasarkan beberapa teori, mostly, teori yang saya kembangkan.. (seeh) banyak dari kita turun kejalan untuk mengendarai kuda besi alias kendaraan roda dua atau mungkin sampai roda 4, dalam keadaan yang belum siap, belum siap apa? satu, SIM misalnya, Helm dan alat2 keselamatan, dan yang tidak kalah penting adalah paham atau tidaknya peraturan dan etika berlalu lintas di jalan.

saya langsung main fakta aja deh, sumbernya gak kudu di percayai sih, namanya juga menceracau, kebanyakan korban yang jatuh di jalan, akibat kecelakaan brlalu lintas selalu tinggi, terutama di indonesia, dan malangnya, hal itu banyak dikarenakan oleh human error. nah yang semacam apa yang disebut human error.. mari kita pikirkan bersama.

LIRIK DIJALAN (cipt. menceracau )
(nada lagu bujangan)
 :
dijalann... (bujangan2)
di jalan, (nyawa mudah sekali)* melayang.. melayang...
ooh.. di jalan... (tempat semua) kenangan..
tempat orang suka u...gal-ugalan.. kecelakaan..k celakaan..
dijalaan....
*gak di baca pas nyanyi

ada 3 faktor, internal dan eksternal satu lagi nanti saya kasih tau, bicara kecelakaan bukan hal yang tabu bagi saya, manusia mudah sekali mati kan? isn it? gak makan 7 hari, mati minum 3 hari enggak dikasih, mati. diputusin pacar, mati. sampai naik motor, keluar gang.. ee.. tau2 mati,.
kan?

saya mau berbagi tips nih bagi yang suka, pernah, ingin, dan berencana bersentuhan dengan motor/mobil, mengendarainya atau mengexploitasinya.

1. sebelum berangkat, pamitan. pada syapa? tuhan kita masing2, kalo yang muslim, biasakan shalat shafar(2 rakaan sebelum dan sesudah nyampe tujuan), orang tua, bagaimanapun mereka harus tau kita pergi kmana2, syapa tau pamitan yang terakhir kalinya, kan mungkin aja... brr..

2. cek kondisi motor, kenali dan pahami betul motor anda, spesifikasinya apa, tekanan ban berapa, bensin(eh pertamax) ada engga, kapasitasnya berapa, rante motor, udah ganti oli belum, nah ini ribet memang.. tapi kalo ngaku pengendara motor yang baik, peduli doong.. masalahnya gini, banyak banget kecelakaan itu bukan karna kitanya yang kurang handal ngendarain, tapi karna, (selain takdir yaa) masalah internal motor. jangan sampai gara2 kita lalai dalam hal ini, orang lain yang nanggung, ya gimana enggak?. dijalan kan gak sendiri, ada pemain lain, ya kalo cuma lecet gara2, maaf, kita tabrak atau srempet misalnya, lha kalo mati, kan berabe..

3. latih responsifitas gerakan badan kita, sering2 olahraga, push up, sit up, rangen 10x tiap hari bagi saya cukup membantu. makan makanan bergizi, jaga ke-awas-an mata dengan banyak mengkonsusmsi protein dan vitamin, terutama sayuran. ini berguna di saat2 genting, taktis dan butuh respon cepat.

4. faktor x selalu lebih dominan dari yang lain, amal ibadah juga perlu, doa sebelum berangkat, 
"bismillahi tawakkaltu.... "
"allahumma laa sahla, illa maa ja'altahussahla, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahla." minta di mudahkan.
5. hal hal remeh jangan di sepelekan. apa itu? cek nih:

a. gunakan body protektor, sarung tangan, sepatu, terutama untuk perjalanan jauh. kata pepatah, better protect daripada heal. hehe. kata pepatah menceracau lagi, "we prepare for the worst" siap2 dari yang terburuk, itu berguna untuk mengurangi damage dari
kecelakaan misalnya, atau dari derasnya angin diatas motor, supaya gak masuk angin lah..helm standar jangan lupa, baju di dobelin, pake jaket dan jangan celana pendek, kalo bisa yang tebel.

b. naek motor, prinsipnya gak beda2 amat spatu roda, practice make perfect.. banyak2 latihan, kaya dulu saya mau ambil sim, jangan nembak, ikuti latihannya sampe lulus, sya aja bisa, masa anda engga.

c. untuk belok, ada banyak tekhnik, satu datar, dengan menggerakkan kemudi(stang) kekanan atau kekiri, ini digunakan di
kecepatan sedang sampai rendah. sedangkan untuk ngebut (hobi saya), itu dengan memiringkan badan motor ke samping kanan atau kiri, hati hati! jangan too sharp. nanti tergelincir.

d. setel-an motor jangan di modif aneh2, pabrikan itu sudah top-cer dengan berbagai uji, apalagi bannya, jadi pliis jangan di rubah jadi aneh, (yang wajar aja). satu lagi terkait ban, periksa tekanannya pas engga, jangan kekempesan, juga ke gemukan angin, ngaruhnya di satu, braking(pengereman), berdasar hukum fisika momentum.. sama irit/borosnya bahan bakar, lho iya.. kalo kempes, bikin kerja mesin berat. kalo kegemukan, gak nyaman di pantat, sama bahaya di pengereman.. karena biasanya gampang banget ngesot.. apalagi di tempat basah kudu ati2..

c. jaga jarak dengan kendaraan lain. angan betah2 di belakang mobil besar yang anda tidak bisa mantau keadaan depan untuk memperkirakan apa yang dilakukan pengemudi lain. contohnya gini. ada tidaknya mobil yang ngerem di jauh depan sana anda akan tahu kalau yang dibelakang, termasuk kendaraan depan anda akan segera nge rem juga. kalau ingin menyalip(mendahului) kendaraan lain, pastikan jarak dan kemungkinan bisa tidaknya, jangan terlalu nekat. prinsipnya memang kudu berani, cuman jangan kelewatan, kendaraan memang ada supirnya. tapi mungkin aja supir lain tidak se baik kita dalam berkendara.. ingat itu!. untuk memperkirakan jarak untuk mendahului, lihat lajur lawan (lain) kosong atau tidak dengan mendongakkan kepala kesamping.. pelan2.. atau bisa di trawang dari kaca blakang mobil depan anda (mobil pribadi) dengan kaca bening bukan kaca reflector. gunakan lampu sen.. juga penting untuk menggunakan klakson, atau lampu jauh bila dimalam hari., kedip2kan..satu lagi, ketika mendahului, kurangi gigi atau di paskan gigi dengan kecepatan, pastikan motor tidak ngeden.

d. posisi tangan kanan selain di gas juga siap memegang rem depan(cakram), dan kaki kanan siap dengan rem belakang kombinasikan keduanya, rem belakang dulu baru depan. jangan depan dulu. njungkal ntar. Jangan berkendara dalam keadaan mabuk, ini umum banget, atau dalam pengaruh obat. Istirahat  kalo udah 3 ½ jam atau max. 4 jam. Sambil ngisi pertamax, sambil istirahat atau gantian.

Pepatah menceracau : jika anda sudah tau musuh anda, dan berkeyakinan terjun ke medan perang seperti sudah tidaki terkalahkan oleh siapapun, anda sudah memenangkan pertempuran.
If you fail to plan, you plan to fail, but be fleksible on it.

sementara cukup. lainnya, sya lebih suka menceracau langsung dengan ngobrol. contact me.

0 komentar:

Copyright © 2012 Menceracau.com.