Hobby became Money

Belakangan ini saya mulai belajar menjadikan hobi saya travelling menjadi salah satu ladang pencarian rezeki saya di masa mendatang. Belajar bisnis memang sudah saya lakoni sejak lama hanya yang sifatnya hobi dan menjadi bisnis memang belum saya lakukan secara serius.

Disamping jasa design yang lumayan menjadi hobi saya belakangan ini, travelling menjadi hobi yang selalu memanggil-manggil saya, mengganggu konsentrasi saya. Bagaimana tidak, snorkling dan freediving di laut dengan terumbu karang dan taman lautnya yang luarbiasa indah selalu membuat saya ketagihan. Come on man, laut sedalam itu, seluas itu sayang banget kalau kita anggurin dan tidak di-explore.

Saya, pengalaman saya yang masih apalah-apalah ini belajar freedive, tahu isi laut daerah pantai agak ketengah dikit dengan kedalaman 5-20 m itu amazed banget. Betapa tidak, hanya bermodalkan kacamata renang yang agak bener dan sedikit keberanian untuk menenangkan diri dan mengontrol rasa takut, nikmat tuhan ini gak pantas kita dustakan.

Underwater image captured by +andre faysol @pulau pahawang
Bahkan pengalaman keheranan saya, pantai Pulau Pasir/Pasir Putih yang bagi masyarakat lampung adalah pantai paling jadul (karena sudah terlalu mainstream) dan cukup kotor, kenyataannya taman bawah lautnya luarbiasa hebat. Selalu bagi saya indikator masih baiknya terumbu karang itu adalah kehadiran ikan-ikan coral di sekitarnya. Dan kebetulan ternyata di pantai Pasir Putih itu, sedikit ketengah saja, saya bisa menemukan parrot fish, bahkan Kerapu Macan berbagai corak dan beberapa butterfly-fish. 

Jadi poinnya adalah, Pantai yang sudah rame sekelas Pasir Putih saja sebagus itu apalagi pantai-pantai lain di Lampung yang masih sangat asri ? Begitu maksud saya. Berikut saya buatkan list  

destinasi wisata di provinsi Lampung yang cocok dikunjungi sobat ceracau jika sobat ingin lebih mengagumi ciptaan tuhan. Masih ingat kan salah satu firman Allah, yang menyatakan bahwa untuk mengenal tuhan, kita perlu mengenal ciptaannya.
Anemon dan Clown Fish di Pulau Pahawang oleh @andrefaysol

Sobat ceracau bisa mulai cek website Keliling Lampung untuk menambah wawasan lebih tentang destinasi wisata lampung dengan kualitas fotografi yang baik. Sebut saja pulau Pahawang, Tanjung putus, Teluk Kiluan, Pantai Laguna Kiluan, Pantai Gigi Hiu (Batu Layaran), Pulau Tegal, Pantai Tanjung Setia, Puncak bukit Pesagi, Puncak gunung Seminung, Danau Ranau, Taman Nasional Way Kambas, dll.

Karena saya baru belajar, saya masih menjalankan bisnis ini pada taraf marketing pada teman-teman dan kerabat terdekat dulu. Dan saya masih bergerilia menggunakan senjata social media atau beberapa massanger apps seperti BBM, line, dan Whatsapp untuk menarik perhatian traveller di sekitar saya. 

Alhamdulillah sudah semakin kedepan ini semakin berkembang ketertarikan teman-teman baik di dalam provinsi lampung sendiri, ataupun yang dari luar daerah seperti teman-teman dan kakak-kakak kenalan saya dari kalimantan timur, jawa bawat, medan, palembang dsb untuk berkunjung ke beberapa destinasi wisata yang saya tawarkan diatas. 

Tentu saja, motivasi mereka selain silaturahim, bisa sekalian travelling ke luar daerah dengan nyaman dan terjangkau. 

Jadi bagi sobat ceracau yang tertarik bergabbung dalam program travelling kami, travolunteer atau pengembangan jenis travelling lain yang nanti akan coba kami kembangkan. Silahkan invite pin BBM saya saja. 

Selamat travelling, selamat Ramadhan
Salam ceracau !


4 comments:

  1. Wahh anak blogger juga tohh.. sip kayak hoby kita bnyak kesamaan.. yg notabene kita adalah seorang biologists

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak.. hamdalah kalau begitu.. keep in touch aja pak.. syapa tahu bisa saling membantu.. sperti tawaran travolunteer teman saya di bawah ini..

      Delete
  2. Yuk buat travolunteer ve, macam komunitas sebelah. Walaupun udah terlalu mainstream, ya gak apa-apa lah yaaa. Sekalian ngajar atau seenggaknya berbagi ilmu sama warga disana tentang pelestarian alamnya mungkin. Atau bisa jadi malah kita yang dapet ilmu dari mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sepakat banget lho ai.. aku juga nunggu-nunggu support dari temen2 biologi lainnya.. di Pegadungan (sebelum jalan ke gigi hiu) itu ada banyak sekolah yang kesannya terlantar lho... syapa tau bisa kan..? gak cuma tren2an buat kaos aja.. kapan bisa gabung..?

      Delete

Copyright © 2012 Menceracau.com.