Ayah Bunda, Jadikan Aku Hafizh Al-Quran

Harga Rp. 35.000 | 164 Halaman; 20,5 cm |
Salam Ceracau!

Selamat menjalani ibadah-ibadah di bulan Ramadhan yang penuh ampunan ini sobat ceracau semua. Semoga selalu dalam keistiqamahan dan semangat untuk terus memperbaiki diri dalam menuju kebaikan dan ketenangan hati.

Kali ini saya mencoba menyarankan sebuah buku baru yang sangat konstruktif bertemakan parenting dan motivasi keislaman. Izinkan saya memberikan sedikit resensi dan komentar mengingat buku ini tergolong cukup baru dan belum banyak saya temukan referensi sejenis.

Buku karangan Ustadz Muhammad Mahfuzh bin Muhammad Ayyub Al-Hafizh ini baru terbit bulan Juni 2015 ini. Tentu saja, bicara tentang buku, berarti bicara tentang siapa penulisnya. Beliau adalah Mahasiswa pasca sarjana di Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta, sekaligus pengasuh Ma'had Tahfizh Al
Quran At-Tanmia Bekasi.

Karena diproduksi oleh percetakan Tanmia Foundation yang tergolong baru, buku ini belum bisa ditemukan di toko buku terkemuka, saya membelinya saat penulis datang langsung dalam sebuah kajian tentang pelatihan menghafal Al-quran bagi anak-anak di usia dini belakangan ini.

Dengan Harga terjangkau dan cover yang cukup menarik, buku ini menghadirkan inspirasi, motivasi sekaligus kiat dan Nasihat bagi orang tua yang ingin anak-anaknya hafal Al-Quran di usia dini.

Terdiri dari tiga bab besar dan bahasan cerdas tentang 'sebenarnya dipundak orangtua lah tanggung jawab pendidikan anak berada' yang dikemas apik di pra bab permulaan buku ini.

Kedudukan orang tua dalam buku ini dianggap sangatlah penting dalam mengarahkan pendidikan anaknya. Betapa tidak, dengan dukungan dalil aqli dan dalil naqli (hadist, firman Allah SWT, dan juga pendapat ulama terkemuka) analisa dan menyampaian bahasan dalam buku ini selain tajam juga lugas dan tegas sehingga mudah dimengerti dan sangat masuk akal. Hal ini mungkin dikarenakan penulis sendiri menyatakan bahwa ilmu yang ditulisnya ini lebih banyak porsinya didapat dari pengalamannya selama mengajar dan melatih murid-muridnya menghafal Al-Quran ketimbang teori saja.

Disamping itu, penulis selain mengkaji dari sudut pandang orang tua juga membahas tentang pendidikan anak, peta konsep, dan strategi pendidikannya serta berbagai janji serta kabar gembira dari Allah dan Rasulnya bagi anak dan orangtua anak yang berhasil membaca Al-Quran.

Secara menarik, penulis yang sekaligus hafal Al-Quran (Al-Hafizh), dan juga pernah bertalaqqi dengan salah satu ulama di Saudi Arabia (telah memiliki sanad ke 38 untuk Al-Quran) ini mengkritisi proses pendidikan dan cara pandang orang tua di zaman modern ini tentang konsep sukses bagi anak-anaknya, padahal di sisi lain islam dan sejarah telah membuktikan konsep menghafal Al-Quran di usia dini, sebelum mengajarkan pada anak ilmu-ilmu lainnya dengan lahirnya ulama-ulama terkemuka seperti Imam Malik, Imam Syafii, dan Ibnu Taimiyah, serta Salafus Shalih yang justru mampu berkontribusi dan memberikan manfaat bagi kaum muslimin di usia mereka yang masih tergolong belia, dibandingkan dengan usia remaja muslim saat ini.

Inilah kemudian penting bagi penulis menyampaikan bahwa apapun harapan kita kepada anak-anak kita kelak, penting menjadikan yang pertama bagi mereka adalah perkara agama, dan sebaik-baik dasar perkara agama yang harus didahulukan adalah firman Allah, Al-Quran.

Secara umum buku ini sangatlah direkomendasikan bagi orang tua atau calon orangtua, akademisi, mahasiswa atau bahkan siswa yang mengharapkan buku parenting yang aplikatif untuk merealisasikan dan mengefektifkan waktu dan strategi pendidikan anak dan calon anak-anak kita kelak.

Bagi sobat ceracau yang hendak meminjam buku ini, bisa mengkontak saya via BBM. Kebetulan beberapa buku dalam perpustakaan pribadi saya sudah banyak dipinjamkan pada adek-adek dan teman-teman saya. Silahkan saja, jangan sungkan.

Salam ceracau!
Selamat Belajar!


1 comment:

  1. ASSALAMUALIKUM Salam saya buat ust Mahfuzh semoga beliau dan keluarga belia dalam keadaan sehat wal afiat semoga karunia ALLAH tetap terucahkan untuk Beliau Amin...

    ReplyDelete

Copyright © 2012 Menceracau.com.