Proposal PMW: Tanaman Rosela dan Khasiatnya (Jus Susu Berkah Rosella a.k.a Jusup Kalla)



Tingkat konsumsi dan ketertarikan masyarakat Indonesia pada makanan atau minuman yang sedang nge-trend sangatlah besar. Sebut saja minuman capuccino-cincau yang dulu digandrungi banyak konsumen. Namun kebanyakan, kelangsungan produk yang mudah ditiru orang dan berubahnya orientasi masyarakat akan kebutuhan mereka pada minuman sehat, membuat minuman sejenis copucino-cincau kehilangan popularitas. Masyarakat semakin kedepan akan kian cerdas dengan memilih minuman yang lebih sehat, murah, dan mudah didapat.
 
Berangkat dari mengembangkan produk minuman yang sehat dan tidak mudah ditiru oleh orang lain, produk kami (Jus Susu Rosella) berniat memberikan edukasi sekaligus gaya hidup yang sehat sesuai kebutuhan masyarakat di era digital ini.

Rosella (Hibiscus sabdariffa) sebagai tanaman sehat dengan sejuta manfaat bagi tubuh sudah banyak dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu tanaman obat berkhasiat. Dengan mengetik Rosella di search-engine Google saja, masyarakat digital sudah dapat mengakses berbagai manfaat di bidang kesehatan seperti mencegah dan mengobati hipertensi, asam urat, dysuria, batuk, meningkatkan stamina, dan sebagainya.

kebun Rosela yang saya tanam hanya di samping rumah  
Rosella adalah tanaman yang diambil mahkotanya untuk dijadikan minuman sekaligus obat. Rosella sangat bermanfaat utk mencegah penyakit, mempertahankan fisik dan menyembuhkan kita dari berbagai penyakit. Diantaranya yang paling sering kita dengar dari hasil penelitian adalah adanya antioksidan  karena memiliki kandungan vitamin C dosis tinggi yang aman dicampur dengan susu. Banyak sekali manfaat rosella tersebut, seperti anti kanker, anti hipertensi, mencegah osteoporosis, menurunkan kolesterol dan meningkatkan daya tahan tubuh.


Rosela mudah sekali tumbuh dan berbunga mulai usia 3 bulan dari masa tanam

Kelopak bunga Rosella kaya vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Sayang, tak banyak yang tahu bagaimana mengolahnya menjadi minuman suplemen. Sedangkan susu, sudah sejak lama dikenal sebagai minuman bergizi tinggi yang menjadi penyempurna konsumsi makanan sehat harian masyarakat kita, seperti disarankan oleh Mentri Kesehatan sejak tahun 1990an, Iklan susu untuk berbagai tingkat umur juga menduduki peringkat pertama di televisi lokal dan nasional sejak 2005 hingga kini. Oleh sebab itu dengan menggabungkan kedua unsur tersebut kami yakin tujuan bisnis dan edukasi kami akan tercapai.

Memanen Rosela bisa dilakukan setiap hari menggunakan gunting (khusus)
Di sisi yang lain, Pola hidup modern tidak selamanya menguntungkan. Oleh Karena itu resolusi dengan hadirnya berbagai olahan rosella dan susu yang dekat dan terjangkau dan telah dikenal masyarakat dunia sejak dulu memiliki berbagai khasiat adalah kebutuhan yang harus didahulukan dan dijadikan sebagai peluang bisnis. Mengingat tidak banyak masyarakat yang membudidayakan rosella untuk konsumsi partai besar, kami yakin produk kami dapat merajai pasar dan menjadi primadona baru di pasar secara sustainable dan berkelanjutan.

Olahan susu nabati seperti susu rosella dibutuhkan terutama bagi orang yang alergi terhadap susu sapi. Sebagai minuman, jus susu rosella diharapkan dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh karena tidak mengandung kolesterol. Kelebihan susu rosella dibandingkan dengan susu sapi atau kedelai adalah bahan bakunya mudah didapat (karena mudah dibudidayakan) dengan harga tidak terlalu tinggi. Rosella juga tidak mengandung lactate intolerance (yang membuat susu bau amis). Susu rosella mengandung serat lebih banyak, cocok bagi mereka yang diet.   

Sebagai produk yang terbilang baru di daerah Bandar Lampung dan sekitarnya, Jus Susu Rosella ini memiliki prospek yang sangat bagus. Pada daerah Bandar Lampung ini kami belum menemukan adanya olahan rosella yang menghasilkan produk Jus Susu Rosella, sehingga kompetitor yang kami hadapi hanya seperti jus-jus buah, susu formula, susu kedelai, dan lain-lain.

Melihat dari angka kecukupan gizi dan kesehatan masyarakat Indonesia yang masih rendah, maka kebutuhan masyarakat akan pemenuhan gizi sekaligus khasiat kesehatan sangat diperlukan. Pada produk Jus Susu Rosella ini mengandung gizi dan khasiat kesehatan yang cukup untuk kebutuhan masyarakat, yang tidak kalah bermanfaat dengan jenis jus susu lainnya.

File Lengkap Proposal Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) saya bisa didownload DISINI dan lampirannya bisa diunduh DISINI 


0 komentar:

Copyright © 2012 Menceracau.com.