Arah jalan menuju Pantai Gigi Hiu Lampung (Pantai Batu Layaran)

Diambil dengan Drone?
Gugusan batu kapur yang bergigi-gigi diterpa sinar mentari senja menambah eksotisme tempat ini, sayangnya belum banyak para penikmat wisata di Lampung baik yang domestik sekitaran lampung maupun wisatawan luar provinsi mengetahui secara exact lokasi dan jalan terdekat untuk mencapainya.

Pantai Gigi hiu Pegadungan atau dikenal juga dengan pantai Batu Layaran (sebutannya mirip pantai di Jawa Timur) ini sesuai dengan namanya memang, terletak di daerah/kecamatan Pegadungan yang termasuk kabupaten Tanggamus. Waktu tempuhnya dari kota Bandarlampung berkisar 3,5 - 4 Jam bergantung dari rute mana yang diambil dan dari bagaimana kondisi jalan (becek/tidak).

Sedangkan jarak tempuh sebenarnya tidak jauh dari Gerbang Wisata teluk Kiluan hanya berkisar 6-7 Km, hanya saja karena jalannya yang rusak parah semacam baru dibuka (jadi masih seperti bukit batu kelar dibelah), banyak kerikil, dan jalan yang offroad pada intinya, waktu tempuhnya bisa hampir satu jam.  

Jika Anda melihat di peta ini ada foto Pantai Pegadungan dan fotonya adalah Pt.Gigi Hiu, itu Sesat, jangan diikuti, ikutilah gambar saya ini.  

Jarak dan waktu tempuh ini tidak sebagaimana aslinya. 
Nah, ini baru foto dan lokasi yang Benar. 
Nah, jika Sobat ceracau berencana ingin pergi ke sini, sebenarnya waktu yang menurut saya tepat adalah setelah mengunjungi Teluk Kiluan; Pantai & Pulau Kelapa/Kiluan, pantai Laguna dari kampung Sunda-nya, tour Dolphin pagi harinya, baru kemudian di hari berikutnya setelah naik tanjakan dan sampai di gerbang kiluan (lagi), belok kiri (kalau belok kanan balik ke Bandarlampung lagi deh) kemudian setelah plus-minus menempuh jarak 7 km ditunjukkan oleh speedometer kendaraan anda, setelah melewati beberapa desa, akan sampailah anda di jalan setepak yang mengarah ke tepi pantai. Seingat intuisi saya waktu itu, ada tanaman bambu di "pintu masuk" jalan setapak itu.

NEW MAP on GOOGLE (BARU MASUK) : https://goo.gl/maps/wtMGLM1q4v92

Dari pintu ber-pohon bambu di kiri jalan itu anda masih harus berjalan masuk ke dalam/keluar dan menyusuri pantai sejauh 800m barulah pemandangan pantai Gigi Hiu bisa anda nikmati. Oya, kami dulu membawa masuk motor hingga tepi pantai dan harus memberi uang sukarela sebesar 5000/orang, kami memberi 10.000 pada abang-abangnya.

Nah, untuk rute pulang saya sarankan lewat desa setelahnya, jadi tidak perlu ambil jalan putar balik sebenarnya, (terlanjur stress melihat jalan yang dilewati tadi, dan juga susasana waktu itu yang sudah hampir gelap (karena waktu terbaik menikmati pantai ini kalau bukan pagi-pagi sekali ya sore-sore sekalian).


Ikuti arah arahan saya, setelah kembali ke jalan tadi, lurus hingga desa pertama, ada pertigaan ambil kiri(lurus) lalu ikuti petunjuk di peta

Setelah ketemu desa itu anda bisa tanya-tanya dan menggunakan insting anda supaya tidak tersesat, pokoknya tembusnya nanti adalah jalan yang sama pas di pertigaan pasar Padang Cermin, sebelum Polsek (pertigaan yang ada mie-ayam baksonya). Haha. 
Dari jalan tadi benenarnya anda sudah bisa menggunakan GPS anda jika power bank anda masih mencukupi dayanya.

Oya pengalaman saya, mobil Avanza sebenarnya bisa masuk ke daerah ini, hanya saja butuh sopir yang handal, jadi sebagai perbandingan saja, jika Avanza saja bisa mencapai daerah sini (jika kondisi jalan normal), apalagi mobil-mobil SUV offroad atau mobil 4WheelDrive, pasti bisa leluasa melahap jalanan yang super rusak disana.

Kesimpulannya, jika dilihat dari perjuangan dan pengorbanan waktu dan fisik (badan pegel-pegel) untuk bisa mencapai spot surga fotografi di Lampung ini (denger-denger sih begitu) saya pikir cukup sepadan dengan apa yang didapat. Jadi, tetukan pilihan anda, juga selamat berpetualang!










9 comments:

  1. wah mantapp, sampai lengkap dengan peta-petanya..

    ReplyDelete
  2. belum kesampean mw kesanaa,,, gk ada kawan yg mw,karna katanya jalan nya parah

    ReplyDelete
  3. belum kesampean mw kesanaa,,, gk ada kawan yg mw,karna katanya jalan nya parah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak ada kawan.. sendirian jadiin lah bang.. worthy kok.. sekalian nyoba solo-traveling, nambah kemandirian dan keberanian. Biar makin kreatif dan terbuka wawasannya.. selamat liburan!

      Delete
    2. Kalau gak ada kawan.. sendirian jadiin lah bang.. worthy kok.. sekalian nyoba solo-traveling, nambah kemandirian dan keberanian. Biar makin kreatif dan terbuka wawasannya.. selamat liburan!

      Delete
  4. Wah titik koordinat atau link ke Google mapsnya gk ada...disini bukan? https://goo.gl/maps/wtMGLM1q4v92

    ReplyDelete
  5. foto landscape nya luar biasa indah ,tidak kalah cantik dgn.tempat wisata diNusantara lainnya .Tempat ini sudah termasuk rencana destinasi saya beikutnya .Trim ya ..info penting route nya

    ReplyDelete

Copyright © 2012 Menceracau.com.